Selasa, 23 Februari 2016

Aquaponik cabai

Tidak terasa sudah hampir 3 bulan berlalu, cabai tiung yang saya tanaman dengan cara mini akuaponik mulai masak. Lumayan lama juga berbuahnya cabai ini. Tidak tau, waktu 3 bulan itu lama atau tidak untuk cabai jenis ini. Tetapi, tidak akan mengecewakan dengan hasil cabai yang didapat dari cara akuaponik ini. Buahnya lebat dan subur, sampai - sampai tanaman menunduk karena banyaknya buah cabai.

 Dari pengalaman saya yang sudah menerapkan hidroponik sistem akuaponik dan sistem wick, akuaponik lebih mudah dalam penanganan. Selain itu, saat panen sayuran, kita juga bisa panen ikan. Wah, double untung deh. Karena tanaman mendapat nutrisi dari pup ikan, sudah jelas kita menggunakan pupuk alami. Kalau menggunakan sistem wick, nutrisi harus di pesan  melalui online serta pada saat masa tanam tanaman, tidak boleh sampai terkena hujan. Namun itu tergantung pilihan masing - masing. Yang pasti, hasil yang didapat dari hidroponik sungguh memuaskan. Tanaman lebih jarang terkena hama dan penyakit.

Kalau dari segi biaya, akuaponik memang lebih mahal. Yang pasti, peralatan yang butuhkan adalah pompa kolam, pipa atau selang, wadah atau kolam dan juga ikan pastinya.

sebenarnya, mini akuaponik ini adalah hanya percobaan saja. Karena Alhamdulillah sukses, Insya Allah mau membuat akuaponik untuk usaha skala kecil, hehehe...







Tidak ada komentar:

Posting Komentar