Kamis, 09 November 2017

mengganti oli sigra yang lebih encer

Awalnya sih, saya acuh dengan oli mobil. Anggapan saya, semua oli itu sama. Yang membedakan hanya dari harganya saja. Namun setelah membaca artikel artikel yang berkaitan dengan oli kendaraan, timbul rasa penasaran untuk mencoba oli merk lain.

Selama ini saya hanya menggunakan oli dengan viskositas 10w - 40, baik sepeda motor atau mobil. Namun, selama ini tidak ada masalah sih. Apalagi keseringan saya mengganti oli sebelum waktunya.

Nah, semenjak saya telah menggunakan mobil LGCG, saya merasa perlu teliti dalam menggunakannya untuk mencegah pengeluaran budget yang lebih besar. Sudah kita ketahui, bahwa dampak yang tidak baik pasa mesin bisa kita rasakan setelah bertahun - tahun menggunakan kendaraan. Oli salah satu rutinitas yang perlu diperhatikan.

Beberapa perubahan langsung yang saya rasakan setelah menggunakan oli 5w-30 pada mobil LGCG yang sebelumnya saya gunakan adalah 10w-40. Starter terasa lebih ringan dan suara mesin menjadi lebih halus. Sebelumnya sih, untuk menstarter mobil, suaranya agak kasar padahal mobil baru berumur 19 bulan, serta suara mesin agak kasar.

Untuk penggantian oli berikut, saya ingin coba oli yang lebih encer lagi yakni 0w-20 sesuai standar anjuran pabrikan. Sementara saya gunakan 5w-3o dulu karena cuaca di kalimantan  utara cukup panas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar